Rabu, 16 Mei 2018

Resep Keripik Tahu Pong Renyah dan Gurih, Lezat Disantap!


Resep Keripik

Keripik adalah salah satu camilan berupa irisan tipis yang terbuat dari umbi-umbian, buah-buahan, dan sayuran yang diolah dengan cara digoreng. Keripik memiliki tekstur gurih dan renyah. Keripik juga memiliki berbagai tambahan rasa, misalnya seperti keripik singkong balado. Camilan ini cocok menemani waktu bosan Anda. 

            Selain berasal dari umbi-umbian, buah-buahan, dan sayuran, ternyata keripik juga ada yang berasal dari biji kedelai lho. Apalagi jika bukan tempe. Keripik tempe sangat terkenal lezatnya. Paduan rasa gurih dan renyahnya tidak pernah membuat bosan para penggemarnya. Keripik tempe sering ditemukan di berbagai daerah Jawa Barat.

            Daerah yang sering menjual keripik tempe adalah Puncak, Bogor. Kawasan ini sering memanfaatkan keripik tempe sebagai oleh-oleh. Keripik tempe selalu menghiasi toko oleh-oleh makanan. Bahkan keripik tempe hampir selalu laris dibeli pelanggan. 

            Selain tempe, ada juga lho keripik yang berasal dari biji kedelai. Yaps! Tahu! Tahu memang selalu menjadi menu pelengkap bersama tempe. Kedua makanan ini diolah dari bahan utama yang sama. Namun, mendengar tahu dijadikan keripik apakah sebagian Anda sudah pernah mencobanya? 

            Tahu biasanya disajikan dengan cara digoreng lalu langsung disantap bersama lauk lainnya. Tidak hanya digoreng tahu juga cocok dijadikan isian sayur Anda. Apa pun hidangannya tahu selalu bisa menambah selera makan bukan? Nah, membuat tampilan tahu lebih renyah sepertinya juga asik, seperti keripik tahu di bawah ini!

Cara Membuat Keripik Tahu

Bahan utama
·         500gr tahu pong
·         10sdm tepung maizena
·         Secukupnya air
·         Secukupnya minyak goreng

Bumbu yang dihaluskan
·         6 siung bawang merah
·         6 siung bawang putih
·         Secukupnya garam
·         Secukupnya merica bubuk
·         Secukupnya gula pasir

Langkah-langkah
1.      Keluarkan isi tahu, sisihkan kulitnya.
2.      Campurkan tepung dan air hingga tercampur rata. Kemudian masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi.
3.      Celupkan kulit tahu ke dalam adonan tepung yang sudah diberikan bumbu halus tadi.
4.      Lalu goreng dengan minyak panas. Usahakan kuli tahu seluruhnya tenggelam di dalam minyak agar lebih renyah. Goreng hingga berwarna kecokelatan. Kemudian tiriskan.
5.      Keripik tahu siap disantap!
Mengapa bagian isi tahu harus dikeluarkan? Keripik memiliki ukuran yang tipis, sehingga saat dikonsumsi akan terasa lebih renyah. Nah, jika isi tahu tidak dikeluarkan tentu akan gagal membuat keripik. Kulit tahu memiliki ukuran yang tipis, sehingga memudahkan untuk proses pembuatan keripik.
Sekilas tekstur tahu mirip dengan bakso goreng. Namun, bakso goreng memiliki ukuran yang lebih tebal dan tentunya lebih renyah. Bakso goreng atau basreng ini terkadang disajikan dengan berbagai rasa, salah satunya pedas.

Tidak hanya basreng, begitu juga dengan keripik tahu ini. Keripik tahu juga bisa disajikan dengan rasa pedas. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan abon sapi pedas ke keripik yang sudah digoreng dan ditiriskan. Menggunakan bubuk abon cabai lebih menjaga tingkat kerenyahan keripik daripada saus atau bahan cair lainnya. 

Keripik tahu memang tidak sefamiliar keripik tempe. Meskipun demikian, jika Anda ingin membangun bisnis, keripik tahu ini bisa dicoba sebagai peruntungan usaha lho. Karena jarangnya yang menjual keripik tahu, pasti dagangan Anda akan lebih banyak dicari pelanggan. 

Demi mempertahankan kerenyahan keripik, ada baiknya Anda mengemasnya. Biasanya keripik dikemas menggunakan plastik atau kertas. Agar lebih memudahkan pelanggan, pilihlah kemasan dengan metode standing pouch atau zipper. Standing pouch dapat memosisikan kemasan secara berdiri. Sedangkan kemasan zipper dapat ditutup kembali apabila keripik belum habis. 

Nah, itu dia resep cara membuat keripik tahu. Indonesia memiliki banyak jenis makanan. Selain biji kedelai, Anda bisa menggunakan jenis bahan lainnya. Rasa unik yang patut Anda coba adalah keripik rasa buah. Keripik tersebut akan menghasilkan rasa manis atau asam khas buah. Atau mau mencoba bahan sayuran? Selamat berkreasi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar